Selasa, 26 Februari 2013


Pria Pendiam

                Pria pendiam adalah jenis kepribadian pria yang introvet atau lebih menutup diri dari lingkungan sekitarnya. Banyak sekali kendala yang akan ditemui pria pendiam dalam pergaulannya terutama hubungannya dengan lawan jenisnya. Menjadi pria yang pendiam bukanlah pilihan karena sifat ini muncul secara tidak langsung waktu kondisi janin didalam kandungan. Kondisi emosional dari ibu sangatlah mempengaruhi mental seorang anak nantinya. Seorang ibu yang merasa kondisi emosionalnya tidak stabil selama mengandung karena suatu masalah atau apapun itu akan mempengaruhi mental sang anak bahkan kondisi kesehatannya. Memiliki sifat pendiam juga dikarenakan karena lingkungan yang kurang mendukung misalnya kondisi keluarga yang tertutup dan selalu serius, lingkungan pertemanan yang tidak menyenangkan sehingga seseorang lebih menutup diri dari pada bergaul dengan teman-temannya.

                Pria pendiam ini bukanlah kondisi mental yang tidak dapat dirubah, dengan keinginan yang kuat dan kesabaran, sifat ini tentulah bisa dirubah. Sifat ini memang tidaklah bisa berubah secara cepat, butuh waktu dan usaha untuk mencapai perubahan yang bisa dirasakan. Dukungan dari orang disekitarnya juga akan membantu dalam proses perubahan kepribadian ini. Merubah suatu sifat yang sudah melekat bukanlah perkara gampang seperti membalik telapak tangan dan tidak sesulit membuat roket.

                Motivasi diri sangat diperlukan untuk merubah karakter kepribadian yang tertutup menjadi lebih terbuka. Motivasi diri ini bukanlah suatu kata-kata yang disampaikan oleh seorang motivator akan tetapi motivasi dikarenakan suatu alasan yang sangat mendasar. Suatu contah saya sendiri seorang yang sangat tertutup sampai suatu ketika saya duduk dibangku SMA saya merasa aneh dibandingkan dengan teman-teman saya yang begitu mudah bergaul dengan teman-teman yang baru, lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya sedangkan saya tidak. Hal ini mungkin didikan dari orang tua yang cenderung menutup diri saya dari lingkungan sekitar saya sehingga saya cenderung kurang bergaul. Bukanlah kesalahan orang tua saya karena saya tinggal dilingkungan dekat terminal yang pergaulannya cenderung rusak. Karekter kepribadian saya yang tertutup membuat nilai saya cenderung menurun karena kurikulum pada waktu menuntut keaktifan di dalam proses pelajaran di kelas. Ketika saya duduk dibangku kuliah saya menemukan motivasi diri saya untuk bisa lebih berubah karena saya berada didalam dilingkungan yang sangat berbeda dengan saya waktu di daerah asal saya. Saya mempunyai beberapa teman dan tinggal bersama mereka di kos-kosan. Sedikit demi sedikit saya mempelajari mereka dalam hal bergaul, kehidupan mereka, bagaimana mereka belajar dan hal itu sedikit demi sedikit merubah hidup saya yang sangat tertutup menjadi lebih terbuka.

                Latihan yang terus-menerus, disini maksut saya adalah latihan untuk lebih terbuka dan lebih berani untuk menunjukkan diri kita. Tentunya hal ini sangatlah berat karena banyak sekali rintangan dalam pengembangan diri. Akan tetapi rintangan ini perlu kita lewati untuk menjadi lebih baik, tanpa rintangan yang bertubi-tubi, diri kita tidaklah menjadi sesuatu yang kuat dan luar biasa. Kadang kala dalam melewati ujian ini mental kita akan turun hal ini adalah sesuatu yang biasa, kita hanya perlu mencari alasan kita mengapa kita harus berubah dan harus melanjutkan  langkah kita. Tetapi jangan cari-cari alasan untuk tidak berubah.

                Bergaullah dengan orang-orang yang having fun, orang-oarang yang suka bercanda dan bahkan banyak ngomong maka secara tidak langsung maka anda akan tertular dengan sifat-sifat teman anda. Seperti pepatah kalau kita berteman dengan penjual arang kita akan ikut terkena arang, jika kita berteman dengan penjual parfum maka kita akan ikut wangi juga. Tetapi untuk hal yang bersifat prinsip seperti berhubungan dengan norma dan agama maka jadilah bunga melati yang akan tetap harum walau tumbuh di air jamban. Belajarlah terbuka dengan orang yang anda percaya, lepaskan beban hati anda dengan bercerita tentang keluh kesah dalam hati anda. Dengan  saling bercerita dengan teman anda akan merasa lebih ringan karena dengan bercerita maka anda mengeluarkan emosi di dalam hati anda dan itu sehat dari pada anda menyimpannya akan menjadi sebuah penyakit.

                Tidak ada yang salah menjadi pria yang pendiam yang sering diikuti dengan sifat pemalu karena sifat ini merupakan salah satu sifat dari manusia. Sifat pendiam yang terlalu itu yang harus diwaspadai karena hal ini berkaitan tentang sifat kurang percaya diri dan kurang menghargai diri anda sendiri yang akan berefek pada mental anda yang tentunya akan mempengaruhi kondisi sosial anda. Sifat pendiam yang terlalu ini ditandai seperti sering menahan sakit hati sendirian, tidak banyak bicara, lebih banyak menahan emosi. Sehingga pria pendiam lebih disebut sebagai pria yang penyabar padahal dia memendam emosi didalam hati dan ini bisa berefek seperti bom waktu yang dapat meledak sewaktu-waktu.

                Jika anda seorang pria pendiam maka janganlah anda berkeinginan untuk menjadi orang lain karena sifat anda adalah fitrah dari Tuhan. Sifat pendiam bukanlah sifat yang harus dirubah akan tetapi sifat yang harus dikontrol, anda haruslah bijaksana mengerti kondisi emosi didalam diri anda. Anda harus tahu kapan anda harus diam menutup rapat hal-hal yang tidak perlu orang tahu dan mana hal-hal yang harus anda bagikan kepada orang lain untuk dimintai pendapat dan bahkan solusi. Anda harus tahu dimana anda harus tampil menunjukkan kelebihan anda dan kapan anda harus diam menyimpan kelebihan anda dengan tujuan supaya anda tidak terlihat sombong. Memang hal ini sangat sulit saya jelaskan melalui kata-kata hanya pengalaman dan pengembangan diri anda yang bisa membuat diri anda mengerti. maka jadilah diri anda sendiri yang selalu percaya diri dan optimis memandang masa depan. Salam..
         
Monggo komentar bagi yang baca artikel ini, karena komentar anda akan membantu semangat saya untuk menulis artikel. terimakasih 

Bagi anda para pria yang ingin meningkatkan kualitas diri anda klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!